Tuesday, June 2, 2015

Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors - Kirim.co.id (Bagian 5 dari 6)

Pada bagian ini hal yang akan dikaji adalah bantuan yang yang diberikan oleh situs saat pengguna melakukan kesalahan.

Form Order

Masalah :

Form Order pada laman Kirim lumayan banyak field atau keterangan yang harus diisi.
Pada pesan kesalahan pengisian form order akan menyulitkan pengguna awam yang mungkin jarang menggunakan fasilitas order via web. Pesan kesalahan kurang deskriptif, contohnya pengguna mengisikan first name saja. padahal dia tidak punya lastname, bagaimana dia harus menuliskan namanya? harus menulis dua kali dengan nama yang sama?
Setelah selesai mengisikan form order, pengguna berharap ada halaman konfirmasi dengan melihat semua field yang akan saya submit, jika ada yang kurang atau salah ketik mungkin bisa di perbaiki lagi. tapi setelah saya submit, form tersebut langsung tersubmit.
Semua bantuan yang diinginkan user harus email atau telpon customer service. itu menurut saya kurang efisien, bisa jadi user adalah seorang mahasiswa yang ngirit pulsa? telpon ke PSTN atau nomor rumah kan butuh pulsa mahal. apabila tidak punya pulsa dan dalam keadaan urgent, mungkin pengguna yang tadinya ingin menggunakan jasa KIRIM akan mengurungkan niat karena terlalu lama menunggu balasan email dan telfon dari CS. CS setau saya juga akan bekerja pada jam kerja 08-17. atau bisa lebih sesuai keinginan pemilik. tapi tetap saja itu sangat kurang efektif.

Solusi :
  • persingkat isian form order, misal user bisa order dengan account FB sehingga mempermudah pengisian data. setelah itu bisa diedit oleh pengguna sesuai kebutuhan
  • pengisian first name dan last name di hilangkan saja cukup menggunakan satu kolom saja.
  • tambahkan chat dengan CS misal dengan fasilitas chat supaya pengguna bisa langsung menghubungi tanpa pulsa

Fungsionalitas Web

Apa yang pengguna dapatkan dari website Kirim? Kira kira kenapa pengguna ingin mengakses web Kirim? Kalau saya sebagai customer Kirim, saya akan akses webnya untuk melihat dan membandingkan harga dengan harga servis ekspedisi lain. Apa kelebihan Kirim sehingga saya harus memakai jasanya dalam pengiriman barang? Web ini memang menjelaskan apa kelebihan menggunakan Kirim, tapi informasi yang saya butuhkan tidak ada di dalamnya. sehingga saya harus telfon ke customer service untuk menanyakan pengiriman tracking dan biaya per kg.
Solusi :
  • Tambahkan fitur cek harga
  • Tambahkan tracking pengiriman
Saverity Rating :
3 = Major usability problem: important to fix, so should be given high priority 

 

1 comment:

  1. Mungkin untuk masalah pertama, penulis mungkin bermaksud konten harus menyesuaikan dengan keadaan mayoritas Indonesia yang sebagai besar tidak mempunyai first name dan last name. Memang website sekarang masih ada yang adopsi dari web luar negeri yang notabennya ada first and last name di beberapa form online...

    Nice keep post sist

    ReplyDelete